Sistem Pembelian di Laundry.

Daripada WP ini sepi dan nganggur, maka aku mau nge-share sesuatu.

Sebelumnya aku mau minta maaf buat teman-temanku satu tim yang udah membantu mengerjakan makalah kita ini karena belum dapat ijin dari mereka dan nge-post sembarangan makalah ini di WP-ku. Hehe.

Tapi setidaknya aku mau memberikan sesuatu yang bermanfaat buat orang lain. Siapa tahu ada mahasiswa yang disuruh mengerjakan tugas makalah seperti ini, terus nemu makalah kita. Hehe. Tapi jangan lupa ya, bikin note “Sumber” dari mana ya? atau kalo gak dikira plagiat, boleh nambahin yang perlu atau dibuat kalimat yang berbeda.

 Terima kasih. Semoga makalah ini bermanfaat buat yang membaca dan juga yang mengerjakan makalah Sistem Informasi Akuntansi. Gbu. 🙂

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. LATAR BELAKANG

Di zaman sekarang ini banyak orang yang membuka usaha jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama dalam usaha jasa cuci atau yang biasa disebut Laundry. Saat ini, usaha tersebut sedang lagi maraknya, karena dapat mengurangi beban waktu bagi orang yang sibuk bekerja.

 Hari Jum’at (06/12’13) lalu kita mengunjungi sebuah Laundry yang terletak di daerah Panjang Jiwo Permai. Kita diberi kesempatan untuk bertanya tentang Laundry yang mereka dirikan dan bagaimana sistem prosedur yang mereka gunakan. Setelah kita bertanya lebih mendalam ternyata mereka memiliki letak kesalahan kecil dari sistem pembelian.

Dalam sistem pembelian yang mereka miliki, mereka hanya menggunakan satu orang dengan dual Fungsi. Yaitu, Fungsi Pembelian dan Fungsi Akuntansi. Hal itu dapat menimbulkan manipulasi dalam Laporan Keuangan mereka.

Sesuai dengan buku “Sistem Informasi Akuntansi” milik Mulyadi, Fungsi Pembelian dan Fungsi Akuntansi harus terpisah karena untuk menghindari manipulasi.

 

  1. PERMASALAHAN

Permasalahan yang akan di angkat dalam penelitian ini adalah :

  1. Gambaran sistem pembelian untuk kebutuhan Laundry berdasarkan Sistem Informasi Akuntansi
  2. Proses pembelian.
  3. Bagaimana pengendalian intern dalam laundry

 

 


BAB II

A.        Gambaran Umum The premier Laundry

Perusahaan “THE PREMIER“ LAUDRY& DRY CLEAN  merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa laundry. Berdiri pada tahun 2008 sampai sekarang (tahun 2013). Di tahun 2008 – 2011 Laundry tersebut beralamat di Jl. Raya Tenggilis dan tahun 2011 – sekarang berada di Jln. Raya JiwoPermai 1A/6 Ruko Delta Permai Surabaya. Laundry teresebut dimilki oleh Yohanes Ricky Lesmana. Perusahaan jasa laundry ini mulai buka & tutup: Senin- Jumat : jam 09.00pagi – 20.00 malam. Perusahaan ini juga melayani jasa pengambilan dan pengantaran laundry (delivery) .Harganya relatif terjangkau bagi mahasiswa maupun umum. Laundry ini juga melayani jasa pencucian helm, selain itu juga Laundry ini memiliki parfum yang beragam yang dapat dipilih sesuai dengan selera Customer.           

 

BAB III

SISTEM DAN PROSEDUR PEMBELIAN

 

  1. A.    Prosedur Pembelian

Prosedur Pembeliannya sangat simple. Hanya satu fungsi yang digunakan oleh Laundry ini yaitu Fungsi Pembelian. Fungsi Pembelian tersebut biasanya mencari supplier, mengajukan penawaran harga, Order Pembelian, Menerima faktur dari pemasok.   

 

  1. B.     Dokumen Yang Digunakan
    1. Surat permintaan pembelian
      Surat ini diisi oleh bagian gudang atau bagian lain yang memerlukan barang. Surat permintaan pembelian berisi antara lain mengenai

 

    • nama, jenis, tipe, kuantitas dan kualitas barang yang diminta
    • kapan barang yang bersangkutan harus sudah diterima         

 

  1. Surat permintaan penawaran harga
    Surat ini diisi oleh bagian pembelian dalam hal barang yang diminta dalam surat paermintaan pembelian belum ada pada daftar langganan (pemasok/supplier). Surat permintaan penawaran harga berisi antara lain mengenai:
    • nama, jenis, tipe, kuantitas dan kualitas barang yang diminta
    • tanggal paling lambat penerimaan barang yang diminta
    • permintaan informasi mengenai syarat pembayaran dan syarat penyerahan yang diminta oleh calon pemasok

 

  1. Surat Order pembelian (Purchase Order/PO)
    Formulir ini diisi oleh bagian pembelian. Formulir ini berisi keterangan mengenai :
    • Nama dan alamat pemasok
    • nama, jenis, tipe, kuantitas dan kualitas barang yang diminta
    • tanggal paling lambat penerimaan barang yang dipesan
    • syarat pembayaran dan syarat penyerahan barang
  2. Laporan penerimaan barang
    Formulir ini diisi oleh bagian penerimaan barang setelah barang yang diterima dan diperiksa. Laporan penerimaan barang berisi data hasil pemeriksaan atas barang yang diterima dan dokumen-dokumen yang terkait antara lain berisi keterangan mengenai :
    • Tanggal penerimaan barang
    • Nomor order pembelian yang bersangkutan
    • nama, jenis, tipe, kuantitas dan kualitas barang yang diterima
    • catatan hasil pemeriksaan barang misalnya cocok tidaknya barang dengan order, adanya barang yang rusak dan sebagainya.
  1. e.         Bukti pengeluaran kas
    Formulir ini diisi oleh bagian hutang apabila karena adanya pembelian secara kredit

    Seperti yang kita ketahui, Fungsi Pembelian membeli bahan-bahan dan peralatan untuk kegiatan operasional Laundry tersebut. Dalam tahap pembelian, hal pertama yang harus dilakukan oleh Fungsi Pembelian adalah mencari pemasok yang tepat dengan cara melakukan permintaan penawaran harga dari berbagai pemasok, dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai harga dan syarat-syarat pembelian. Berikutnya, Fungsi Pembelian menerima penawaran harga dari berbagai pemasok dan melakukan pemilihan pemasok. Kemudian, Fungsi Pembelian melakukan Order Pembelian kepada Pemasok yang telah dipilih.


     

    BAB IV

    PENUTUP

    1.        Kesimpulan

    Segala sesuatunya pasti ada kesalahan, baik sengaja maupun tidak sengaja. Terutama dalam hal perencanaan sistem dan prosedur yang ingin dibuat. Bagi orang yang memiliki pengetahuan ala kadarnya saja tentunya sangat sulit untuk menentukan mana sistem dan prosedur yang baik ataupun tidak.

    Seringkali adanya sebuah usaha mengganti sistem dan prosedur yang telah mereka buat, karena sistem yang dulunya sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman atau kemungkinan sudah terlalu banyak kasus-kasus yang tidak inginkan.

    Sama seperti halnya Laundry The Premier tersebut, kesalahan dalam sistem pembelian mereka kemungkinan cukup berpengaruh dalam Laporan Keuangan mereka. Dan mereka menggunakan satu orang dengan dua Fungsi berbeda yaitu Fungsi Pembelian dan Fungsi Akuntansi. Diantara kedua Fungsi tersebut yang paling beresiko adalah Fungsi Akuntansi. Contohnya, rentannya kehilangan Faktur Pembelian, membuat harga yang ditawarkan di-markup, dll.

    2.        Saran/Kritikan

    Menurut kami, sistem dan pengendalian Laundry tersebut cukup baik. Namun, sistem pembelian mereka perlu dikoreksi kembali. Karena akan dapat memberikan dampak yang buruk bagi usahanya terutama dalam pembuatan Laporan Keuangan mereka.

NB : Setiap usaha kecil atau perusahaan mempunyai sistem yang berbeda-beda. Mulai dari sistem pembelian hingga sistem penjualan. Tergantung kalian mau memilih usaha yang mana, perusahaan yang mana, dan yang paling penting sistem mana yang akan kalian pilih, sekian dan terima kasih.

Iklan

Published by: liaguk2

Dunia antah berantah... Sebuah tempat yang tidak dikenali dari mana asalnya dan kapan munculnya. Seperti ini lah wordpressku. Sebuah wadah yang tidak.dikenali asalnya dan kapan munculnya. Munculnya pun cuman bisa dihitung jari. Hahaha. By the way, I am Inspirit. Fan of Infinite. And Woohyun is my ultimated bias. Senang berkenalan dengan para pengunjung.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s